Selasa, 22 November 2016

Bukan hanya ibu, ayah juga harus M.SI (Master Segala Ilmu)


Sebelumnya kita para ayah harus mengapresiasi setinggi-tingginya bahwa seorang ibu dituntut menjadi "master" dalam banyak ilmu. Lalu apakah cukup hanya "mengapresiasi"?

Untuk mewujudkan keluarga yang harmonis, tentunya ayah juga harus menguasai banyak ilmu! Tidak harmoni namanya kalau ada kesenjangan antara ayah dan ibu terutama dalam ilmu! Ternyata ayah juga harus M.SI! Master Segala Ilmu..

Ilmu apa saja yang perlu ayah "masteri"?

1. Ilmu Psikologi. Ayah perlu mengenali tipe kepribadian istri dan anak2nya supaya bisa berinteraksi sesuai dengan masing2 kepribadian tersebut.

2. Ilmu Komunikasi. Perbedaan tipe kepribadian serta cara belajar & menyerap informasi membutuhkan cara yang berbeda pula dalam berkomunikasi. Tidak heran kalau ada istilah "ga nyambung" kan? Karena pemberi informasi memakai "frekuensi" yang berbeda dengan penerimanya.

3. Ilmu Agama. Nilai2 apa yang ingin ditanamkan dalam keluarga melalui komunikasi yang baik tadi? Tentu salah satunya yang terpenting adalah agama. Ayahlah yang pertama mengumandangkan adzan & iqamah ke telinga sang anak dan doa ayah terhadap anak adalah salah satu doa mustajab.

4. Ilmu Ekonomi. Salah satu tugas penting ayah adalah memberi nafkah. Tidak hanya memberi, ayah juga harus mengajarkan kemandirian ekonomi kepada anak2nya.

5. Ilmu Kesehatan. Dibutuhkan energi dan kekuatan yang tidak sedikit untuk menjalankan peran ayah. Karenanya ayah juga harus mengerti bagaimana agar tidak hanya dirinya tetap sehat, tapi juga seluruh anggota keluarganya untuk senantiasa bugar sepanjang usia.

6. Ilmu Pertahanan. Dunia yang semakin tanpa batas bisa menjadi ancaman keamanan tersendiri. Ayah harus memiliki wawasan pertahanan keamanan yang mumpuni agar anggota keluarganya terhindar dari berbagai serangan luar baik secara fisik maupun pemikiran.

7. Ilmu Kesenian. Ayah tidak harus pandai melukis untuk menghargai keindahan. Tidak harus pandai bermain musik untuk mengapresiasi nyanyian. Tidak harus pandai bercerita lucu untuk tertawa terbahak bersama-sama..

Selamat terus belajar ayah! Semoga lulus menjadi Ayah, M.SI. kebanggaan istri dan anak2..

Salam,
Ayah Adhi
@AmarullahAdhi

Tidak ada komentar: