Senin, 22 Juni 2009

bending machine made in Indonesia

Awal tahun 2008 saya dan seorang kolega saya (P.Subhan) menyambut tawaran dari sebuah perusahaan Jepang untuk membuat bending machine yang dipakai untuk memproduksi stabilizer yang digunakan pada kendaraan keluaran Toyota dan Suzuki. Selama ini perusahaan tersebut menggunakan bending machine keluaran Jepang. Kesulitan pada mereka adalah, ketika ada trouble pada mesin tersebut, mereka harus memanggil tenaga ahli dari jepang. Hal ini berakibat berhentinya produksi 2-5 hari sampai tenaga ahli jepang datang dan mengatasi masalah pada mesin tersebut.

Karena itu mereka menginginkan untuk membuat mesin dengan fungsi dan precision yang sama, namun yang dikembangkan dan dirancang oleh tenaga lokal. Sehingga apabila ada trouble bisa diatasi dengan lebih cepat. Selain mempercepat waktu, solusi ini tentu juga lebih menghemat biaya.

Alhamdulillah setelah merancang dan membuatnya selama setahun , pada tahun 2009 mesin ini telah selesai dan dioperasikan. Kualitas dan precision sama dengan mesin sebelumnya, bahkan cycle timenya lebih cepat, sehingga kemampuan produksi per harinya lebih tinggi.

Ternyata kita bisa.......:-) NICHTS IST UNMÖGLICH
info lebih lanjut

Tidak ada komentar: